Selasa, 20 Oktober 2020

PEMBELAJARAN JARAK JAUH SERU BERSAMA PORTAL RUMAH BELAJAR

 Berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dari kota Palembang, Umi Nilawati, S.Pd.Gr. dan SRB dari kabuapten Muara Enim Karwandi, S.Pd.Gr.

SOSIALISASI LINTAS KABUPATEN TENTANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR

Pada kesempatan kali ini saya berkolaborasi dengan Karwandi, SRB asal Kab.Muara Enim dan Umi Nilawati, S.Pd.,Gr. SRB asal kota Palembang dengan tema PJJ Seru Bersama Portal Rumah Belajar, Kamis, 15 Oktober 2020. Alhamdulillah, dihadiri langsung oleh Bapak Kasi Kabupaten Ogan Ilir dan Ibu Asesor dari Ogan Ilir. Webinar ini dipandu oleh SRB Ogan Ilir Ibu Rizki Sapriani, S.Pd.,M.Pd.

Pembagian sesi dimulai dari Karwandi yang menyampaikan program pembaTIK dan portal rumah belajar lengkap dengan fitur-fiturnya. Sir Wandi juga menyampaikan model pembelajaran inovatif yaitu Model SOLE untuk diterapkan dengan memanfaatkan portal rumah belajar. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring dan jarak jauh, sintaks pembelajaran SOLE masih sangat bisa diterapkan dengan meringkas langkah-langkah pembelajaran dan menggantikannya dalam mode daring.

Sesi ke-2, penyampaian materi tentang model pembelajaran inquiry based learning yang disampaikan oleh SRB Umi Nilawati, S.Pd.Gr dengan memanfaatkan fitur Laboratorium Maya. Tujuan pembelajaran dan materi harus disesuaikan untuk bisa menggunakan fitur ini. Lembar Kerja Peserta Didik juga harus dibuat agar peserta didik memahami proses pembelajaran yang mereka kerjakan berdasarkan model penemuan inkuiri. Laboratorium Maya bisa menjadi sumber kegiatan pengumpulan data kemudian data diolah secara mandiri oleh siswa sampai mereka bisa menemukan konsep yang akan diajarkan.

Terakhir, pemaparan materi model pembelajaran inovatif Blended Learning tipe Flipped Classroom. Pada model ini, terjadi kombinasi atau penggabungan antara model model pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Model pembelajaran flipped classroom (terbalik), siswa secara mandiri mengeksplor sumber belajar dari portal rumah belajar. Di sumber belajar mereka bisa diarahkan untuk memahami materi atau konten berupa video pembelajaran. Mereka catat informasi penting yang disampaikan lewat video pembelajaran. Kemudian, secara sinkronus guru dan siswa melakukan video konferensi untuk membahas materi yang telah disimak dalam video pembelajaran. Selanjutnya, melalui kelas maya guru juga membagikan LKPD dan link untuk siswa agar mengeksplor fitur laboratorium maya dan bank soal agar mereka bisa melatih keterampilan dalam menggunakan TIK.

Acara webinar hari ini berjalan seru dengan candaan para SRB dan para peserta yang antusias dalam bertanya serta penasaran dengan portal rumah belajar. Mereka belum begitu yakin jika belum mencoba dan mendaftarkan diri serta mengakses portal rumah belajar. Kami menyampaikan agar sosialisasi ini tidak berhenti sampai disini saja namun harus segera disampaikan kepada pihak keluarga, tetangga, kerabat , guru dan lebih luas lagi ke sekolah lain.


Tidak ada komentar: