Selasa, 20 Oktober 2020

Pembelajaran Inkuiri Memanfaatkan Fitur Laboratorium Maya

Berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dari kota Palembang, Umi Nilawati, S.Pd.Gr. di SMP IT Bina Ilmi Palembang


DIAJAK KOLABORASI BERSAMA SRB UMI NILAWATI, SPD.Gr. UNTUK SOSIALISASI KE-2 DI SMP IT BINA ILMI PALEMBANG 

Pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB, saya mempunyai kesempatan kedua untuk bisa berkolaborasi bersama SRB Umi Nilawati, S.Pd.,Gr. Kami melakukan kegiatan sosialisasi di  SMP IT Bina Ilmi Palembang. Pada hari ini peserta webinar diikuti oleh Kepala SMP IT Bina Ilmi Palembang, Ibu Nova dan para guru SMP IT Bina Ilmi. Mereka sebelumnya sudah pernah mendapatkan sosialisasi tentang rumah belajar pada tahun sebelumnya, ini kali kedua mereka mendapatkan kegiatan sosialisasi. Meskipun demikian, ada beberapa fitur-fitur baru yang terus kami promosikan kepada peserta seperti EduGame dan new generation dari Kelas Maya.

Pada sesi webinar, acara dibuka langsung oleh moderator  Pak Casmin yang masih muda dan energik. Kemudian, pemaparan tentang keunggulan portal rumah belajar untuk pembelajaran jarak jauh disampaikan oleh SRB Umi Nilawati. Pemaparan ke-2 saya sendiri yang menyampaikannya tentang laboratorium maya yang bisa dimanfaatkan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri. 

 Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh Pak Casmin. Berbagai pertanyaan ditujukan sebagai bentuk respon dan antusias menggunakan portal rumah belajar untuk PJJ. Acara berlangsung dengan lancar dan antusias peserta baik.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SMP IT Bina Ilmi yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi rumah belajar. 

Sosialisasi ke-2 ini hampir sama dengan kegiatan sosialisasi pertama. Yang membedakannya adalah audiens (peserta) dan waktu webinarnya bergantian karena mengingat kesibukan dan agenda kegiatan masing-masing sekolah berbeda. Namun, saya sangat senang karena bisa diterima dengan baik dalam membagikan ilmu dan pengalaman memanfaatkan portal rumah belajar.


Tidak ada komentar: