Selasa, 20 Oktober 2020

PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING

Berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar dari kota Palembang, Umi Nilawati, S.Pd.Gr. di SMA IT Bina Ilmi Palembang


SMA IT BINA ILMI PALEMBANG ANTUSIAS MENGIKUTI SOSIALISASI PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING

Portal Rumah Belajar merupakan platform pembelajaran yang diterbitkan oleh Pusdatin Kemdikbud memiliki berbagai fitur utama seperti Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Dilengkapi pula dengan fitur pendukung lainnya seperti Peta Budaya, Wahana Penjelajah Angkasa, Buku Sekolah Elektronik, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan yang terbaru adalah EduGame. Portal rumah belajar menjadi pilihan utama dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh baik dengan moda daring maupun moda luring.

Pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 saya mempunyai kesempatan yang luar biasa bisa berkolaborasi bersama adik tingkat saya sewaktu kuliah S1 di FKIP Universitas Sriwijaya, Umi Nilawati, S.Pd.,Gr. Ia hendak melakukan kegiatan sosialisasi di yayasan tempat ia bekerja yaitu Sekolah Islam terpadu Bina Ilmi Palembang. Nah, pada hari ini peserta webinar diikuti oleh Kepala SMA IT Bina Ilmi Palembang, Bapak Hanafi dan 18 guru SMA IT Bina Ilmi. Mereka sangat antusias dan ingin belajar banyak tentang pemanfaatan portal rumah belajar. Saya juga bisa berjumpa tatap maya dengan adik tingkat saya yang mengajar di sana , Try Ayu Oktarina.

Pada sesi webinar, acara dibuka langsung oleh moderator  Mas Septian dengan sangat ramah dan luwes. Kemudian, pemaparan tentang keunggulan portal rumah belajar untuk pembelajaran jarak jauh oleh SRB Umi Nilawati. Sumber belajar dari rumah belajar bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran jarak jauh baik daring maupun luring. Kelas Maya bisa digunakan untuk LMS dimana sekolah harus didaftarkan terlebih dahulu sebagai skeolah penyelenggara. Untuk kegiatan praktikum tidak perlu membeli bahan dan menyiapkan alat, namun bisa dilakukan secara virtual dengan fitur laboratorium Maya dan untuk soal latihan, ujian bisa diakses di fitur bank soal.

 

Pemaparan materi selanjutnya tentang model pembelajaran inquiry based learning yang bisa diterapkan dalam moda daring PJJ dengan memanfaatkan fitur laboratorium Maya. Materi ini dipaparkan oleh SRB Edi Susanto. Sintaks pembelajaran inquiry terdiri dari 5 langkah dan bisa diterapkan meski jarak jauh.

 

Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh Mas Septian. Berbagai pertanyaan ditujukan sebagai bentuk respon dan antusias menggunakan portal rumah belajar untuk PJJ. Acara berlangsung dengan lancar dan antusias peserta sangat baik.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SMA IT Bina Ilmi yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi pemanfaatan rumah belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry based learning. Semoga peminat portal rumah belajar semakin bertambah dan fitur rumah belajar dapat diakses dan menjangkau seluruh Indonesia.



 Untuk membaca bahan presentasi, silakan baca di bawah ini.


Tidak ada komentar: